Entri yang Diunggulkan

SEJAUH MANA DIGITALISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

Senin, 20 Januari 2020

10 Cara Manajemen Waktu Lebih Efektif





1. Membuat langkah-langkah sederhana untuk menyelesaikan tugas

    Tugas itu dikerjakan, bukan hanya dipikirkan. Karena jika hanya dipikirkan tanpa adanya aksi maka akan  menambah beban dan membuat pikiran stres. Tidak perlu aksi yang besar, namun dimulai dari langkah yang sederhana tapi berjalan terus menerus alias istiqomah.


2. Membuat jadwal rutinitas

   Tidak masalah bagi kalian untuk membuat jadwal rutinitas. Bukan bermaksud mengekang diri sendiri namun mengoptimalkan efektivitas waktu. Jika kita membuat jadwal rutinitas maka secara tidak langsung kita akan tersugesti dan melakukan rutinitas sebisa mungkin sesuai dengan yang telah ditentukan.

3. Menyelesaikan segala sesuatu pekerjaan yang sudah dimulai

     Kebiasaan buruk bagi seseorang adalah meninggalkan pekerjaan yang telah dimulai. Mulai hari ini biasakan untuk menyelesaikan apapun pekerjaan kita. Karena hal itu akan melatih kita menjadi seseorang yanh berintegritas tinggi sehingga akan mudah diterima dalam suatu instansi pekerjaan.

4. Hindari godaan

     Segala sesuatu pekerjaan pasti melelahkan, sehingga kita akan mudah tergoda dengan seauatu yang menyenangkan. Kebanyakan godaan dalam suatu pekerjaan adalah smartphone. Awalnya hanya berniat membuka pesan, namun tanpa sadar akan merambah ke hal-hal lain yang akan menyita waktu. Bukan hanya smartphone, apapun itu yang menurut anda godaan dan akan menghambat pekerjaan segera untuk dihindari.

5. Biasakan untuk meminta tolong teman jika mengalami kesusahan

      Jika dalam suatu pekerjaan merasa kurang mampu dan mengalami kesusahan, lihatlah sekeliling dan meminta tolonglah kepada teman kalian. Jika kalian hanya berkutat pada sesutu pekerjaan sulit yang anda tidak tahu jalan keluarnya, hal tersebut akan membuat anda stres dan membuang waktu anda.

6. Sempatkan waktu istirahat dan refreshing

      Semangat boleh, tetapi jangan terlalu diforsir. Dalam melakukan aktifitas apapun sempatkan untuk beristirahat untuk melemaskan otot dan dan juga fikiran. Jika kalian memaksa bekerja dalam keadaan lelah hanya akan membuat kinerja kalian kurang optimal. Jika mendapati waktu libur, gunakan sebaik mungkin untuk liburan. Tidak perlu jauh-jauh, cukup pergi ke suatu tempat yang menenangkan untuk mengembalikan semangat. Hanya sekedar saran pergilah untuk melihat pemandangan alam yang luas agar kepenatan tergantikan dengan kesegaran.

7. Kerjakan pekerjaan sesuai prioritas

      Bedakan mana yang prioritas dan mana yang bukan prioritas. Kerjakan segala sesuatu sesuai prioritas baik dari segi dateline waktu, manfaat, kewajiban, dan lain sebagainya. Semua ini hanya sekedar pandangan, karena jika berbicara prioritas, maka hanya diri sendiri yang mengetahuinya.

8. Membuat perencanaan

       Selain membuat jadwal rutinitas, juga perlu untuk membuat suatu perencanaan dalam pekerjaan. Agar pekerjaan yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan teratur. Jangan sampai kita menjadi orang yang ceroboh dalam mengambil keputusan, karena hal tersebut mampu mempengaruhi kinerja kedepannya.

9. Lakukan semua pekerjaan satu persatu

      Hindari overload, artinya lakukan semuanya satu persatu. Selesaikan suatu pekerjaan yang telah dimulai. Jangan sampai pekerjaan yang satu belum selesai sudah melakukan pekerjaan yang lainnya. Hal tersebut hanya akan membuat pekerjaan anda menjadi runyam dan berat karena terasa bahwa pekerjaan kamu sangat sulit sehingga sulit diselesaikan. Padahal hal tersebut karena aktivitas kamu bercabang.

10. Membuat target yang masuk akal

     Pernah mendengar kata resolusi (harapan) tahunan? Kurang lebih seperti itulah target. Setiap pekerjaan tentukanlah target yang masuk akal. Cara menentukan target yang masuk akal adalah dengan melihat kondisi pekerjaan kamu. Jangan membuat target yang berbanding terbalik dengan kondisi pekerjaan, hal tersebuta hanya akan mempersulit untuk mencapai target. Alhasil bukan goal (tujuan) yang didapat melainkan stres yang menetap.

1 komentar: